Rabu, 25 November 2009

Menuju Era Baru Dunia Perbankan Nasional : E-Banking




Kemajuan Teknologi Informasi yang terjadi saat ini sudah mulai merambah ke berbagai sektor. Tanpa terkecuali dunia perbankan. Dunia perbankan yang dahulu identik dengan banyak orang yang berbondong-bondong ke bank, kini dapat diakses dari rumah. Semua ini dimungkinkan karena adanya suatu system baru dalam penerapan teknologi informasi dalam dunia perbankan, yaitu E-Banking. E-Banking sendiri adalah suatu cara baru untuk melakukan transaksi perbankan dengan menggunakan jaringan internet yang memudahkan Anda untuk selalu dapat berinteraksi dengan Bank dimana pun nasabah berada dengan aman dan mudah.
Pemanfaatan teknologi informasi di dunia perbankan nasional cukup pesat dibanding dengan sektor lainnya. Berbagai jenis teknologinya diantaranya meliputi Automated Teller Machine, Banking Application System, Real Time Gross Settlement System, Sistem Kliring Elektronik, dan internet banking. Electronic banking mencakup wilayah yang luas dari teknologi yang berkembang pesat. Beberapa diantaranya terkait dengan layanan perbankan di “garis depan” atau front end, seperti ATM dan komputerisiasi (sistem) Perbankan, dan beberapa kelompok lainnya bersifat ”back end”, yaitu teknologi-teknologi yang digunakan oleh lembaga keuangan, merchant, atau penyedia jasa transaksi, misalnya electronic check conversion.
Selain itu, beberapa jenis E-banking terkait langsung dengan rekening bank. Jenis E-Banking yang tidak terkait rekening biasanya hanya berbentuk nilai moneter yang tersimpan dalam basis data atau dalam sebuah kartu (chip dalam smart card). Dengan semakin berkembangnya teknologi dan kompleksitas transaksi, berbagai jenis E-bank ini semakin sulit dibedakan karena fungsi dan fiturnya semakin terintegrasi atau mengalami konvergensi. Sebagai contoh,sebuah kartu plastik mungkin memiliki “magnetic strip”- yang bisa mengkaitkan dengan rekening bank, dan juga memiliki nilai moneter yang tersimpan dalam sebuah chip. Kadang kedua jenis kartu tersebut disebut “debit card” oleh merchant atau vendor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar